Rabu, 14 Desember 2011

Mendaftar Google Sitemap jilid(8)


Seri Promosi Blog: Google Sitemap

Seperti yg pernah diterangkan sebelumnya di sini dan di sini, untuk membuat blog dan tulisan kita banyak dibaca dan dikunjungi orang adalah karena dua kemungkinan (a) karena inter-link antar blog, dan (b) karena orang datang melalui mesin pencari (search engine) terutama Google. Bagaimana supaya semua entry di blog kita ditangkap google? Gunakan Google Sitemaps.


Caranya:

1. Login dg ID email GMAIL di http://google.com
2. Di bagian paling atas ada kotak ADD SITE --> masukkan blog Anda --> Contoh: http://karirkerja.blogspot.com
3. Klik OK.
4. Setelah itu ada di kolom SITEMAP ada perintah ADD SITEMAP. Klik.
5. Pilih ADD GENERAL WEB SITEMAP
6. Kasih tanda tik /check di menu (a) I've created, dst; (b) I've uploaded, dst. (c) My Sitemap..dst.
7. Di menu MY SITEMAP URL is. Isi dg feed blog Anda. Contoh: http://karirkerja.blogspot.com/atom.xml
8. Klik menu ADD WEB SITEMAP
9. Akan ada keterangan di menu bahwa sitemap kita berstatus pending.
10. Klik menu DIAGNOSTIC di bagian atas.
11. Klik menu VERIFY. Ada keterangan bahwa Verification Status: NOT VERIFIED.
12. Ada menu "Choose verification method" --> pilih ADD A META tag.
13. Kita dikasih kode < meta name=" ...dst ">
14. Masukkan kode meta tsb di HEAD template blog kita di antara HEAD dan /HEAD, sebaiknya di bawah {title} {BlogPageTitle} {/title}
15. Setelah template blog di SAVE dan REPUBLISH, kembali ke sitemap dan kasih tanda tik/check di menu "I've added the META tag in the homepage".
16. Klik VERIFY.
17. Selesai.

Catatan Penting:
1. Cara/tip ini hanya buat blog yg gratis seperti blogger / blogspot, blogdrive, dsb.
2. Bagi yg punya blog dg top domain dan hosting sendiri bisa bisa dg cara yg lebih efektif tapi agak rumit bagi yg kurang pengalaman html/xml. Keterangannya bisa dilihat dilink berikut:
http://www.google.com
3. Bagi yg belum punya ID gmail, bisa minta diinvite pada yg sudah punya google email. (source :Mario Gagho http://kolom-mario.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STOP BUANG SAMPAH KE SUNGAI KAPUAS



kapuas merupakan suatu anugerah akan kekayaan alam yang dimiliki oleh negara kita, daerah kita, provinsi tempat kita tinggal, hidup, berkembang biak. Mustahil kita dapat seperti ini tanpa adanya sungai yang melintasi tempat tinggal kita ini. Dan tak keberatan seharusnya jika kita mulai detik ini berhenti mengotori sungai yang membuat kita maju seperti sekarang ini. tentu kita tak ingin bila kota ini, tempat yang kita diami menjadi jakarta dengan sampah yang menggunung dan bantaran kali atau sungai yang penuh sesak dengan sampah. Padahal kita tahu sungai bukanlah tempat sampah. Stop waste the kapuas river.
Bayangkan jika setiap rumah ditepian sungai kita membuang sampah sedikitnya 5 kilogram ke sungai kapuas, niscaya berton-ton sampah akan terkumpul sepanjang aliran sungai ini dari hulu sampai hilir. Apakah kita akan diam. Semua butuh dukungan, mari kita sukseskan program sungai tanpa sampah.
Marilah kita belajar samapi kenegeri Jiran saja.Tidak usah ke negeri cina. Coba lihat dan amati, apakah sungai yang membelah kota Kuching di serawak ada sampah terhanyut?apakah hal itu hanya dinegeri kita saja?apakah kita tidak malu?jawabanya hanya bisa kita tentukan sendiri. Untuk saya pribadi, sangat malu dan sedih.